Seni Tari

Program seni tari berdiri tahun 1973. Program Keahlian Seni Tari adalah salah satu program seni Tradisi yang ada di SMK Negeri 12 Surabaya, yang mengajarkan tarian – tarian tradisional, kebudayaan tradisional terutama kebudayaan Jawa Timur. Hingga saat ini program keahlian ini masih mampu bersaing dengan kebudayaan modern, terbukti dengan prestasi yang diperolah dalam berbagai lomba antara lain: FLS2N, PPST, MTV maupun Festival lain.

Video Profil seni tari SMKN 12 Surabaya

Selain mempelajari komponen normatif dan komponen adaptif, siswa juga mempelajari beberapa mata pelajaran yang merupakan komponen produktif. Program diklat yang merupakan komponen produktif tersebut di antaranya:

1.

Dasar Kompetensi Kejuruan Seni Tari

 

a.

Olah Tubuh

 

 

 

 

b.

Tata Rias dan Busana

 

 

 

c.

Karawitan

 

 

 

2.

Kompetensi Kejuruan Seni Tari

 

 

 

a.

Tari Jatim I (Surabaya – Jombang)

 

 

b.

Tari Jatim II (Malang – Banyuwangi – Madura)

 

 

c.

Tari Surakarta

 

 

 

 

d.

Tari Bali

 

 

 

 

 

e.

Koreografi

 

 

 

 

f.

Pergelaran

 

 

 

 

g.

Tata Teknik Pentas

 

 

 

             

 

Program keahlian seni Tari dilaksanakan 3 tahun, siswa diharapkan dapat menarikan 22 jenis tarian tradisional antara lain; Tari Remo Putra Munali Fatah, Remo Putri Munali Fatah, Remo Putra Bolet, Remo Putra Jombang, Tari Glipang, Jejer, Paju Gandrung, Padang Wulan, Beskalan, Topeng Gunung Sari, Topeng Bapang, Topeng Patih, Mung Sangkal, Topeng Getak, Gambyong, Topeng Gunung Sari Surakarta, Karon Sih, Fragmen tari Sekar Taji, Pendet, Manuk Rawe, Panji Semirang, Tenun, dan Jatilan Ponorogo.

Di samping komponen produktif tersebut, siswa juga mendapat pengembangan diri berupa mata pelajaran jurnalistik dan bimbingan karier.

Tentunya dari berbagai tarian yang diajarkan dijurusan ini,diimbangi dengan pendidik atau pengajar yang berkompeten dibidangnya. Para guru atau pendidik masing masing memiliki latar belakang pendidikan yang beragam yaitu UNESA, ISI Jogja, ISI Solo, STKW Surabaya, serta alumni SMK Negeri 12 sendiri .

 Prospek Karir :

   1. Profesional Artistik

   2. Pencipta Tari

   3. Penata Tari

   4. Instruktur Tari

   5. Artist Organizer

   6. Penata Rias Tari

Keunggulan

Selain siswa dapat menarikan 22 jenis tarian dalam 3 tahun, siswa juga mampu membuat karya tarian yang dibuat sendiri secara berkelompok dengan bimbingan pendidik atau pengajar. Berbagai jenis tari kolosal antara lain: Gebyar Jawa Timuran, Karya Sendra Tari Sawunggaling, Gema Budaya  Nusantara, Bedoyo “Sekar Asmoro” yang pernah ditampilkan di stasiun televisi TVRI Jawa Timur, Tari Gebyar Inonce, Tari Dewi Sangkrah, Tari Ning Suroboyo, dll

 

Program Keahlian Seni Tari adalah pilihan tepat bagi masyarakat, untuk mengembangkan bakat dibidang seni terutama seni tari untuk melestarikan kesenian Tradisional Indonesia (khususnya Jawa Timur) di Era globalisasi.

 

Sarana dan Prasarana

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dijurusan seni Tari ini difasilitasi dengan beberapa ruang praktek yaitu :

  1. 3 ruang praktek tari
  2. Ruang busana yang dilengkapi dengan bermacam – macam busana tari tradisional dan modern
  3. Tape, kaset, serta CD
  4. 1 gedung pertunjukan
  5. Kerawitan (Kolaborasi)

 

Prestasi

Prestasi Program Keahlian Seni Tari antara lain;

  1. Duta Penari Jawa Timur ke Singapore dalam rangka Festival Seni
  2. Pemenang Lomba FLS2N 2013
  3. PPST
  4. MTV
  5. dll

Disamping prestasi tersebut, penari asal SMK Negeri 12 Surabaya sering dihadirkan untuk unjuk kebolehan di beberapa instansi Swasta, pemerintahan propinsi maupun kota dalam menyambut tamu dari dalam maupun luar negeri.

Video MPLS: