Menghasilkan tamatan yang trampil dan memiliki kemampuan berwirausaha dibidang industri kreatif yang berdasarkan kecerdasan kreatif dalam mengantisipasi dan memecahkan masalah dibidang Desain Komunikasi Visual sehingga mampu mengolah data, mencari solusi akan kebutuhan desain, meliputi penguasaan media informasi, publikasi, dan promosi. Dengan menguasai konsep yang inovatif, professional dan teknis praktis serta mengedepankan budaya rupa nusantara, berfikir kreatif dan apresiatif.
VIDEO PROFIL DKV SMKN12 SURABAYA
KOMPETENSI KEAHLIAN DKV :
- Ilustrasi
- Fotografi
- Desain Grafis
- Iklan TV
- Komik
- Karikatur
- Printing
PROSPEK KARIR :
- Visualiser Artist
- Ilustrator
- Komikus
- Karikaturis
- Tata Artistik Artist
- Dekorator
- Fotgrafer
- Event Organizer
- Printing Operator
Desain Komunikasi Visual memperdalam keahlian dalam bidang :
- DIGITAL ILUSTRASI
- FOTOGRAFI
- DESAIN GRAFIS
- VIDEOGRAFI/AUDIO VISUAL
- ANIMASI
- DIGITAL ILUSTRASI
Membekali peserta didik agar mampu mengolah image/gambar untuk ilustrasi perancangan komunikasi visual dengan berbagai software komputer grafis seperti corel draw, adobe photoshop,adobe illustrator. Hasil akhir karyanya bisa berupa karya digital imaging, karya ilustrasi untuk cover novel/ buku/ majalah/ tabloid, karya ilustrasi cerita bergambar /komik, karya ilustrasi untuk cerpen,rubrik dalam majalah,karya ilustrasi infogram,dsb. - FOTOGRAFI
Membekali peserta didik agar mampu berkarya fotografi dengan 5 teknik pemotretan (doft luas, doft sempit, panning, stop action dan show action),serta mampu mengaplikasikan karya fotografi tersebut untuk ilustrasi perancangan komunikasi visual.
Praktek pembelajaran fotografi berupa :
Pemotretan Pas Foto
Pemotretan Dokumentasi
Pemotretan Close Up & Model
Pemotretan Pre-Wedding,Wedding
Pemotretan Still Life,lanscape
Pemotretan Moment & Human Interest
Pemotretan Cahaya Malam & Light Painting
Fotografi desain
NB.Pemotretan dilakukan secara out door dan in door di dalam studio dkv - DESAIN GRAFIS = MEDIA CETAK (out door dan in door)
Membekali peserta didik agar mampu mengoperasikan dan mengaplikasikan berbagai software komputer grafis seperti corel draw,adobe photoshop,adobe illustrator,adobe in design ke dalam segala perancangan komunikasi visual media cetak.
Hasil akhir karyanya bisa berupa :
Corporate identity/desain logo (logotype-logogram,trade mark/merk dagang)
Desain stasionery (papan nama,ID card/kartu nama, amplop, kertas surat, kertas memo, stop map, buku,coaster,sticker,kalender meja dan dinding.
Desain cover buku, majalah,tabloid,surat kabar,katalog,leaflet,brosur,fliyer
Desain packaging/kemasan produk,merchandise,car branding
Desain umbul-umbul,spanduk,banner,backdrop,billboard,building ad,neon sign,neon box
Wedding card/desain kartu undangan pernikahan
Desain iklan majalah,poster komersil,poster sosial - VIDEOGRAFI
Membekali peserta didik agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software adobe premier,pinnacle dan corel video studio.
Praktek pembelajaran videografi berupa :
Shooting – Editing Video
Pembuatan Video Klip
Video Dokumentasi
Video Dokumentasi Wedding
Video Efek untuk iklan/film
Movie Company Profile
Iklan Televisi
Film Indie
PILOT PROJECT DKV 2014
(SMK NEGERI 12 Surabaya - SMKN 1 Surabaya - SMK Negeri Tempeh Lumajang):
Agenda kegiatan yang telah diselesaikan Pilot Project DKV :
- Workshop dan Forum Guru DKV di SMK Negeri 12 Surabaya , 27 Agustus 2014
- Benchmarking DKV ke SMK Negeri 4 Malang, 12 September 2014
- Seminar & Outbond Larasdikdudi Kota Surabaya di ITS, 13 September 2014
- Pelatihan Kompetensi DKV di SMK Negeri 12 Surabaya, 22 September 2014
- Creativepreneurship di SMK Negeri 12 Surabaya, 06 Oktober 2014
- Lomba Desain Kemasan Makanan Khas Kabupaten/Kota di Jawa Timur, 18 Oktober 2014
- Factory Tour 2014
- Exhibition 2014 bersama Forum Larasdikdudi dan Dinas Terkait
Dengan adanya keunggulan dari masing-masing SMK (SMKN 12 Surabaya, SMKN 1 Surabaya, dan SMK Negeri Tempeh) maka diharapkan Pilot Project Program Peningkatan Kinerja Penyelarasan 2014 ini mampu menyelaraskan dari segi horisontal yaitu menyelaraskan kompetensi antar SMK serumpun, dan mampu menyelaraskan dari segi vertikal yaitu antara SMK dengan DUDI demi mencetak lulusan yang benar-benar berkompeten dan mampu bersaing mandiri di era global. Dengan Pilot Project yang melibatkan SMK Negeri Tempeh yang notabene berada diluar Surabaya dan SMKN 1 Surabaya ini juga diharapkan memicu munculnya forum khusus untuk menyebarkan semangat menyelaraskan dunia pendidikan dan dunia industri seperti di Surabaya yakni Forum Larasdikdudi Kota Surabaya.