Kompetensi Keahlian Seni Musik

Program seni musik berdiri sejak 1987,  mempelajari komponen normatif,  komponen adaptif dan komponen produktif .

Selain itu siswa juga mendapatkan pelajaran muatan lokal terkait midi (Aransemen musik dengan komputer) dan manajemen pertunjukan serta mata pelajaran bidang  pengembangan diri berupa jurnalistik dan bimbingan karir.

Video Profil seni musik smkn 12 suabaya

Program diklat yang merupakan komponen produktif tersebut di antaranya:

1.

Dasar Kompetensi Kejuruan Seni Musik

 

a.

Teori Musik

 

b.

Solfegio

2.

Kompetensi Kejuruan Seni Musik

 

a.

Praktek Instrumen Pokok

 

b.

Minor Wajib

 

c.

Ansamble

 

d.

Paduan Suara

 

Keunggulan Jurusan Musik

Hal yang membuat jurusan ini unggul karena dalam aktivitasnya siswa dapat memilih bidang minat:

  • - Band
  • - Vokal Pop
  • - Paduan Suara
  • - Orchestra

Melalui empat bidang tersebut, siswa dapat mendapatkan pengalaman dan penguasaan lebih mendalam dibandingkan sekolah lainnya.

Sarana Prasarana

Dalam aktivitas belajar-mengajar, siswa dan guru dapat mengoptimalkan peralatan dan fasilitas berikut:

Studio Musik

 

1.

Band

: 2 Ruangan

2.

Drum

: 1 Ruangan

3.

Midi

: 1 Ruangan

4.

Piano

: 1 Ruangan

5.

Vokal

: 1 Ruangan

6.

Gitar

: 1 Ruangan

7.

Gesek & Tiup

: 1 Ruangan

Kantor Guru Musik

 

Alat – alat Musik

 

1.

Piano

 

2.

Drum

 

3.

Gitar

 

4.

Keyboard

 

5.

Alat Tiup

 

6.

Biola

 

7.

Cello

 

8.

Contra Bass

 

9.

Perkusi

 

Home Teater

: 3 Buah

Alat Band

: 2 Set

Sound System

: 1 Set

Prestasi

Berikut prestasi siswa;

1.

Juara 1 Yamaha Matic Festival Tahun 2011

2.

Juara 2 Honda Deteksi Band Competition Tahun 2011

3.

Juara Harapan 3 Piano Solo Veranza Musik Tahun 2011

4.

Juara 1 Festival Band Psycofest 2011 Fakultas Psikologi UNAIR

5.

Juara 1 Festival Band Indie antar Pelajar se-Surabaya Tahun 2011

6.

Juara 2 Kartini Band Contes Tahun 2011

7.  

Juara 1 Vokal Band FLS2N di Semarang 2014

8. 

Juara 1 Vokal tunggal tingkat Surabaya 31 Des 2014

 
 
PENGEMBANGAN EKTRA KURIKULER SEKOLAH
 
Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan skill siswa dalam berbagai bidang terutama seni, kria dan teknologi,  SMK Negeri 12 melalui kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan prestasi yang dapat dibanggakan. Salah satunya Musikalisasi Puisi yang di kembangkan oleh Jurusan Musik SMK Negeri 12 Surabaya. Yang mana pada tanggal 25  bulan Agustus 2014 lalu mengikuti lomba yang di adakan oleh Balai Bahasa Propinsi Jawa Timur di Bangkalan dengan MERAIH jUARA I.

 

RAIH PRESTASI LEWAT BAKAT BERMAIN GITAR
 
Keberhasilan atau sebuah prestasi tidak hanya didapat melalui pengembangan bidang akademik saja, hal tersebut ditunjukkan oleh Ratna Mutu Manikam. Siswi kelas XII SMKN 12 tersebut telah berhasil menyabet the best player guitar dalam kegiatan tahunan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diselenggarakan 1-7 Juni lalu di Semarang Jawa Tengah.

Siswi yang kerap disapa Monic tersebut berhasil menyisihkan 34 anggota band dari seluruh Indonesia. "Sebenarnya kami mewakili Jawa Timur dalam format band, bukan individual", terangnya. Dalam FLS2N itu, grupnya membawakan tiga buah lagu. Pertama lagu bebas dengan judul "Gemilang". Kedua musik instrumen Riufang dan ketiga lagu wajib dengan judul Kehidupan karya God Bless.

Prestasi akan kegemaran serta sekaligus kepiwaian dalam bermain gitar tidak hanya berhenti sampai di situ, siswi kelas XII jurusan seni musik sering kali tampil dalam acara musik yang diselenggarakan oleh beberapa stasiun televisi nasional. Bukan hanya itu, bahkan mulai tahun ini Monic juga dikontrak oleh Republik Cinta Manajemen (RCM) milik musisi kondang Ahmad Dhani. "Saya dikontrak selama tiga tahun oleh RCM berkat ikut audisi".

Perempuan yang belajar main gitar sejak kelas IV SD ini mengaku kunci suksesnya dalam meraih prestasi yakni semangat, niat untuk belajar, serta disiplin dalam berlatih. namun, selain berlatih gitar Monic juga konsentrasi dalam pelajaran lainnya. "Selama menggeluti dunia musik ini, saya tidak pernah lupa dalam mengerjakan tugas yang diberikan kepada bapak/ibu guru di sekolah", tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dispendik Surabaya Dr. Ikhsan, S. Spsi, MM mengungkapkan pengembangan bakat serta potensi siswa di Surabaya tidak hanya dilakukan pada bidang akademik saja, namun pengembangan bidang non akademik juga menjadai perhatian penting dalam peningkatan mutu serta kualitas pendidikan di Surabaya.

"Sekolah merupakan sebuah laboratorium bagi para siswa", untuk itu para siswa dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dalam mengembangkan bakat serta potensi yang dimiliki dengan sebaik mungkin untuk meraih prestasi. (Humas Dispendik Surabaya). Selain itu SMKN 12 Juga sebagai Penyaji Tari Terbaik II bidang lomba seni tari Tradisional dalam Lomba FLS2N tersebut.